Monalisa adalah seorang dokter dokter kecantikan kulit. Setelah melakukan eksprimen menggunakan bahan-bahan alami selama bertahun-tahun, ia akhirnya berhasil menciptakan seperangkat produk untuk untuk membuat kulit wajah menjadi glowing. Bagi yang belum tau glowing, itu artinya kencang, segar, dan terlihat cerah. Seperangkat produk yang dihasilkan terdiri dari facial wash, toner pelembab, dan cream glowing. Monalisa kemudian bermaksud untuk memasarkan dan menjual produk ini ke masyarakat.
Untuk meyakinkan produk kecantikannya bebas dari merkuri dan bahan-bahan kimia lainnya, Monalisa kemudian mendaftarkan produk buatannya ke BPOM. Sebelum produk diluncurkan ke pasar, ia memperkerjakan seorang profesional untuk menganalisa pasar yang kemudian disebut sebagai marketing atau marketer. Di pasaran saat ini sudah tersedia banyak produk serupa, dan tentunya untuk memenangkan persaingan, produk yang yang akan dijual harus lebih unggul di mata calon konsumen, baik dari segi fungsi, harga, kemasan, bahkan menang dalam tampilan iklan.
Singkat cerita, setelah berbagai data dan informasi dikumpulkan, Monalisa kemudian mulai memproduksi produk buatannya untuk kemudian di jual ke pasar. Tugas marketing belum berhenti sampai disitu, karena dari data yang telah berhasil dikumpulkan sebelumnya harus diolah agar dapat ditentukan berapa harga jual yang ideal yang bisa diterima oleh masyarakat kebanyakan, strategi harga apakah yang harus dipakai, apakah premium pricing ataukah mengikuti pasar, kemudian produk akan dipasarkan di mana, dan bagaimana cara menjangkau pelanggan dan memasarkan produk, media promosi seperti apakah yang akan digunakan, dan lain sebagainya.
Setelah semua rampung, tahapan akhir adalah ini akan diserahkan ke bagian penjualan, yang akan bekerja sesuai dengan input yang diberikan berdasarkan arahan dari marketing. Monalisa kemudian membuka online shop dan offline shop untuk menjangkau calon pelanggan, dan menempatkan beberapa orang sebagai tenaga penjual yang disebut dengan bagian penjualan atau sales. Sebelum terjun ke lapangan, sales ini akan dibekali dengan product knowledge, termasuk untuk produk kompetitor.Dari contoh sederhana di atas, maka dapat kita ambi kesimpulan perbedaan antara marketing dan sales adalah sebagai berikut:
- Tugas marketing adalah menganalisis dan mengelola berbagai data yang ada di pasar untuk menjadi input dalam menciptakan sebuah produk atau bagaimana membuat sebuah produk yang sudah ada dapat menarik di mata calon pelanggan, sedangkan sales adalah bagaimana cara mendekatkan diri kepada calon pelanggan dan menkonversinya menjadi penjualan.
- Fokus marketing sifatnya jangka panjang yaitu bagaimana memelihara ketertarikan pelanggan terhadap produk yang akan dipasarkan, sedangkan sales fokusnya jangka pendek yaitu cara meyakinkan pelanggan untuk/terus membeli produk mereka.
- Marketing bekerja di balik layar, tidak berhubungan atau kontak langsung dengan pelanggan fokusnya hanya pada riset dan analisa pasar, sedangkan bagian penjualan akan berhadapan langsung dengan pelanggan.
- Target utama dari marketing adalah menjangkau calon pelanggan untuk dapat menjadikanya sebagai pelanggan loyal, sedangkan sales mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui produk yang ditawarkan.
beda sales dan marketing
perbedaan sales dan marketing executive
perbedaan sales dan marketing menurut para ahli
perbedaan sales dan marketing brainly
perbedaan sales dan marketing director
perbedaan sales marketing dan account executive
bedanya direct sales dan marketing
5 perbedaan sales dan marketing
apa beda sales dan marketing
beda antara sales dan marketing
beda sales sama marketing
beda sales dan revenue
perbedaan sales dan marketing dan contohnya
beda sales dengan marketing
beda nya sales dan marketing
bedanya sales dan marketing
beda sales manager dan marketing manager
perbedaan sales dan staff marketing
perbedaan sales dan marketing
perbedaan sales executive dan marketing executive
perbedaan sales counter dan marketing executive
perbedaan marketing executive dengan sales
perbedaan sales manager dan marketing manager
perbedaan sales marketing dan sales executive
perbedaan sales dan marketing adalah
perbedaan sales dan pemasaran
pengertian sales dan marketing menurut para ahli
sales dan marketing sama atau beda
perbedaan sales dan account executive
perbedaan account executive dan marketing
perbedaan marketing dan account officer
perbedaan sales dan sales executive
Post a Comment