Blitzscaling adalah rahasia dibalik kesuksesan perusahan besar dunia seperti Google, Amazon, Microsoft, Alibaba, Netflix, Tencent, Zara, Airbnb, dan lain sebagainya. Blitzscaling adalah tentang rahasia pertumbuhan perusahaan besar dengan cepat, tapi bukan artinya tanpa menerapkan prinsip blitzscaling bisnis tidak bisa sukses, jangan salah dipahami. Pada intinya blitzscaling adalah metode khusus untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan rintisan dengan prioritas utama waktu pencapaian dibandingkan efisiensi lainnya.
Kebangkitan dan pertumbuhan Amazon di akhir tahun 1990-an sampai dengan hari ini adalah salah satu contoh blitzcaling. Sebelum Amazon go public di tahun 1996, perusahaan ini hanya memiliki kurang lebih 150 karyawan dengan membukukan pendapatan 5,1 juta USD. Tidak perlu menunggu lama, 3 tahun kemudian tepatnya 1999, Amazon mengalami pertumbuhan pesat dengan jumlah karyawan sebanyak 7.600 dengan pendapat naik drastis ke lebih dari 1,60 miliar US Dolar, artinya terjadi ada peningkatan pertumbuhan 50 kali dalam jumlah karyawan, 320 kali. Kemudian ditahun 2018, jumlah karyawan naik menjadi 647.500 orang dan pendapatan 232,888 miliar US Dolar. Ini adalah pertumbuhan yang mengesankan!
Ada banyak tulisan baik buku maupun berbagai media lainny bercerita tentang bagaimana perusahaan raksasa seperti Amazon, Facebook, Amazon, Tesla dan lain sebagainya, secara ajaib tumbuh menjadi kerajaan yang hampir mustahil untuk dikalahkan. Namun faktanya, sangat jarang ada buku yang dibagikan oleh para CEO atau pendiri perusahaan teknologi besar seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma, Steve Jobs, Jeff Bezos, dan lainnya, yang dapat menjadi panduan praktis dalam menjalankan blitzscaling. Salah satu referensi yang mungkin dapat digunakan yaitu tulisan dari Reid Hoffman dan Chris Yeh dengan judul “Rapid Growth”.
Hoffman sendiri merupakan salah pendiri dari Linkedln sekaligus investor beberapa perusahaan teknologi dunia seperti Facebook, Zynga, dan lain sebagainya. Hoffman juga dikenal sebagai pengusaha yang telah memiliki pengalaman tinggi, menjabat wakil CEO Paypal, salah satu dewan eksekutif di Airbnb, Microsoft, dan banyak perusahaan serta organisasi lainnya. Sementara partnernya, Chris Yeh juga adalah seorang pengusaha dan penulis buku terlaris.
Menurut Reid Hoffman dan Chris Yeh, untuk dapat mencapai pertumbuhan cepat, maka bisnis harus berfokus pada tiga bagian atau hal penting yaitu inovasi model bisnis, inovasi strategis, dan inovasi manajemen. Namun, seiring tingginya pertumbuhan bisnis dan perusahaan rintisan, agar dapat mencapai tingkatan yang lebih tinggi, maka maka tidak boleh lagi menggunakan strategi yang sama seperti strategi sebelumnya, dari model bisnis desain untuk pertumbuhan terobosan, sampai pada manajemen sumber daya manusia perusahaan. Semua itu diharapkan dapat meningkatkan peran pendiri untuk mengembangkan komunikasi dan budaya perusahaan.
Post a Comment